Manna' Khalil Al Qaththan

Pengantar Studi Ilmu-ilmu Al Quran

Bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillah, shalawat dan salam atas Rasulullah Shallallahu Alalihi wa Sallam, keluarga, para sahabat, para dai yang menyeru orang lain dengan seruannya, serta mereka yang berpedoman dengan hidayah-Nya.

Kitab yang berada di tangan pembaca ini, “Mabahits fi ‘Ulumul Al-Qur’an” adalah terbitan pertama sebagai respon terhadap sebagian saudara-saudara kita untuk menyuguhkan pembahasan ringkas tentang pentingnya studi ilmu Al-Qur’an, yang mana para pemuda muslim kita yang tidak memiliki spesialisasi dalam studi keislaman dapat dengan mudah mendapat pengetahuan dan rujukan yang cukup penting darinya. Sungguh pun kitab ini sangat ringkas, cetakan pertamanya telah terjual habis, hal yang tidak saya bayangkan sebelumnya.

Kemudian, saya merasa sangat perlu untuk menerbitkannya kali kedua, lalu saya teliti kembali. Cukup besar motivasi saya untuk memperjelas bagian-bagian sub babnya, juga menambah beberapa tema lain yang berkait. Maka terbitlah cetakan kedua dengan pembahasan yang cukup memadai dan padat dengan merangkum secara ringkas kajian-kajian Ulumul Qur’an yang pernah ditulis, baik yang klasik maupun kontemporer. Belum lagi sampai satu tahun, cetakan kedua buku ini juga habis.

Permintaan tetap mengalir dari kalangan tokoh-tokoh tsaqafah Islamiyah dan berbagai lembaga pendidikan yang memiliki keprihatinan terhadap kajian ilmi-ilmu Al-Qur’an, untuk mencetak ulang buku ini, kali ini yang ketujuh. Dalam terbitan ini, saya tidak banyak menambah seperti sebelumnya. Dan saya memohon kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala agar buku ini bermanfaat, dan kita pun mendapat taufik-Nya.

Manna’ Khalil Al Qaththan

Dosen Pembimbing Pasca Sarjana

Universitas Islam Imam Muhammad bin Sa’ud