Tidak Ada Paksaan dalam Agama

Abbas Hasan As Sisi

Ada orang yang mengimani sebuah kepercayaan lantaran tergiur pesona material atau paksaan dari pihak lain. Jika orang seperti ini tersadar dan mengetahui mana yang benar mana yang salah, maka ia akan langsung beralih dari kepercayaan itu dengan sikap tegas dan keras. Oleh karena itu, Islam tidak mengajarkan paksaan dalam agama. Allah berfirman,

“Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama Islam. Sesungguhnya telah jelas jalan yang benar darijalan yang salah….” (Al Baqarah: 256)

“Serulah (manusia) ke jalan Rabbmu dengan hikmah dan mau’izhah hasanah, dan bantahlah mereka dengan bantahan yang lebih baik.” (An-Nahl: 125)

“Dan bersabarlah kalian bersama-sama orang yang menyeru Rabbnya dipagi dan senja hari dengan mengha-rap keridhaan-Nya.” (Al Kahfi: 28)

“Maka berilah peringatan, karena sesungguhnya kamu hanyalah orang yang memberiperingatan. Kamu bukanlah orang yang berkuasa atas mereka.” (Al Ghasyiyah: 21-22)

“Dan (ingatlah), ketika Kami mengambil janji dari Bani Israil (yaitu), ‘Janganlah kalian menyembah selain Allah, dan berbuat baiklah kepada ibu, bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, serta ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia, dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat….” (Al Baqarah: 83)

Inilah dasar-dasar penyebaran da’wah Islamiyah.